E-RAPORT untuk sekolah menengah pertama (SMP)

Beberapa hari yang lalu Aplikasi e-Rapor untuk sekolah menengah pertama (SMP) secara resmi dirilis oleh Direktorat  Pembinaan  Sekolah  Menengah  Pertama    Kelebihan  Aplikasi  ini Selain  terintegrasi dengan Dapodik, Sekolah  juga dapat mencetak Leger dan Raport. Jika Anda menggunakan Aplikasi lain yang tidak resmi, bisa jadi harus mengulang pekerjaan.
 
E-Rapor SMP  adalah  aplikasi berbasis web, di mana dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server. Sedangkan client (dalam  hal  ini  admin,  guru, wali  kelas,  dan  peserta  didik,kepala  sekolah dan  orang  tua)  dapat mengakses melalui  komputer  lain  yang  terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser. Aplikasi  e-Rapor  SMP  tahun  2017  –  2018    dikembangkan  dengan merujuk  kepada  panduan  penilaian  tahun  2017  cetakan  ketiga  yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMP.
 
Aplikasi E-Rapor SMP 2018

Tugas  dan  Kewenangan  Admin 
Admin  adalah  orang  yang  ditunjuk  oleh kepala  sekolah  untuk  bertanggung  jawab  penuh  atas  kelancaran penggunaan  aplikasi  e-Rapor  serta  memiliki  hak  akses  dalam pengoperasian  e-Rapor.  Pada  hakikatnya  tugas  utama  admin  adalah mempersiapkan  data  referensi  baik  data  yang  diambil  dari  Dapodik maupun  data  Referensi  Lokal,  Sehingga  e-Rapor  dapat  digunakan sebagaimana  mestinya.  Mengingat  begitu  penting  dan  strategisnya kedudukan  admin  dalam  e-Rapor,  maka  diperlukan  seseorang  yang memiliki tanggung jawab, dedikasi serta integritas kepribadian yang sangat tinggi. Adapun Admin memiliki tugas sebagai berikut:
  1. Melakukan instalasi e-Rapor ke dalam server.
  1. Melakukan sinkronisasi data ke dapodik.
  1. Mengedit profil sekolah.
  1. Memberi hak akses kepada user dalam hal ini, guru mata pelajaran, wali kelas,  guru  Bimbingan dan  Konseling  serta  peserta  didik,  kepala sekolah dan orang tua siswa.
  1. Menyosialiasikan  e-Rapor,  membagikan  username  dan  password kepada yang bersangkutan.
  1. Memetakan mata pelajaran.
  1. Menyesuaikan data muatan lokal.
  1. Menginput kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran.
  1. Menginput interval predikat mata pelajaran.
  1. Menginput data tanggal rapor. 
  1. Mencetak rapor.
  1. Mengirim nilai ke dapodik.
  1. Melakukan backup dan restore data.
  1. Menginput nilai US/USBN khusus untuk kelas IX

 

Untuk lebih jelasnya tentang Langkah atau Cara  Instalasi E-Rapor SMP tahun  2017  –  2018,  Cara  Login  sebagai  Admin,    Cara mengambil Data Dapodik pada E-Rapor SMP Tahun 2017 – 2018, Cara Mapping Mata Pelajaran, Cara Input KKM dan Cara Input Nilai Pada E-Rapor SMP Tahun 2017  – 2018, Mengirim Nilai Ke Dapodik  (Sinkronisasi) sampai cara Cetek Leger dan Cetak Rapor silahkan baca Panduan E-Rapor SMP Tahun 2017 – 2018, dikarenakan situs resminya mengalami gangguan karena banyak yang mengakses, maka kawan- kawan Oerator Sekolah dapat mendownload pada link di bawah ini dan semoga bermanfaat.



Aplikasi E-Rapor SMP 2018   Download

Panduan E-Rapor SMP 2018  Download

Panduan Penilaian                Download

Sumber :ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.